Manfaat Obat Atorvastatin 10 Mg Generik Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya

Tuesday, October 16th 2018. | Obat Modern

Berikut ini ada beragam manfaat dari kandungan obat atorvastatin 10 mg generik untuk menurunkan kadar kolesterol beserta dosis dan efek samping yang akan ditimbulkan. Harga Obat Atorvastatin Perbedaan Simvastatin Dan Beda Calcium Dengan 10 Mg 20 20mg Generik 40 Beserta Dosis Dan Juga Efek Samping Yang Ditimbulkan

Obat atorvastatin adalah jenis HMG-CoA reductase inhibitors atau biasa dikenal dengan obat statin. Atorvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Obat atorvastatin bekerja dengan cara menghambat reaksi pada beberapa enzim yang dibutuhkan tubuh sehingga memproduksi kolesterol. Dengan mengkonsumsi atorvastatin maka akan menurunkan terkena penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah. Kolesterol merupakan jenis lemak atau lipid yang di produksi oleh tubuh karena makanan lemak yang dimakan.

Timbunan kolesterol yang terlalu banyak akan membuat pembuluh darah anda menjadi sempit sehingga darah yang lewat pembuluh darah akan berkurang. Hal ini yang akhirnya membuat seseorang terancam terkena serangan penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah salah satunya stroke. Atorvastatin dapat dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit Jantung sehingga bisa meminimalisir kemungkinan terkena serangan jantung dan stroke di masa yang akan datang. Lalu bagaimana cara mengkonsumsi obat atorvastatin 10 mg yang baik dan benar, bila kalian merasa perlu tahu sebaiknya baca saja panduan berikut ini.

Peringatan Pemakaian Obat Penurun Kolesterol Atorvastatin

1. Obat atorvastatin jangan dikonsumsih oleh orang yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil dan menyusui.
2. Dalam mengonsumsi atorvastatin harus berhati-hati khususnya bagi manula yang berumur di atas 70 tahun, wanita yang ingin memiliki keturunan, pernah terkena serangan stroke yang membuat pendarahan di otak, penderita hipotiroidisme, gangguan nyeri otot, ginjal dan gangguan hati.
3. Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras dan berbarengan dengan mengonsumsi atorvastatin dapat menyebabkan gangguan fungsi hati.
4. Obat atorvastatin akan berekasi pada minuman jus grapefruit. Jus tersebut akan meningkatkan kadar atorvastatin di aliran darah.
5. Jika muncul gejala alergi atau over dosis, sebaiknya segera pergi ke dokter.

Baca Juga: aturan pemakaian obat cimetidine yang wajib dibaca

Dosis Obat Penurun Kolesterol Atorvastatin

Pada masa-masa awal pemberian obat atorvastatin yaitu sekitar 10 mg/hari, kemudian dosis akan terus di sesuaikan dengan jangka waktu terpendek yaitu 4 minggu lebih. Maksimal pemberian dosis obat atorvastatin dalam satu hari sekitar 80 mg. Dosis atorvastatin diberikan sesuai keadaan pasien dan juga respon pasien pada obat atorvastatin.

Baca Juga: cara mudah menurunkan kadar kolesterol dengan cepat

Cara Paling Tepat Mengonsumsi Obat Atorvastatin

1. Bacalah informasi yang tertera di kemasan obat dan ikuti semua petunjuk dari dokter sebelum anda mengonsumsi obat atorvastatin. Sebaiknya anda patuh dengan semua aturan minumnya jadi jangan sekali-kali menambahkan atau mengurangi jumlah obat yang harus diminum.
2. Disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah lemak guna menurunkan kadar kolesterol sebelum anda menerima rangkaian pengobatan dari atorvastatin. Budayakan pola hidup sehat ketika anda sedang mengonsumsi obat atorvastatin agar kadar kolesterol cepat turun.
3. Obat atorvastatin dapat dikonsumsi sebelum ataupun sesudah makan dan diminum satu kali sehari. Sebaiknya anda mengonsumsi atorvastatin dengan waktu yang sama setiap hari untuk memaksimalkan kinerjanya.
4. Jika anda mendapatkan obat atorvastatin yang dikunyah anda dapat mengunyahnya agar mudah di telan tapi juga bisa diminum saat masih utuh dengan bantuan air putih.
5. Jika anda sudah merasa baikan dan obat masih tersisa, sebaiknya anda tetap mengonsumsi atorvastatin sebagai bentuk pencegahan. Masalah kolesterol tinggi dan trigliserida biasanya tidak menunjukkan gejala tertentu.
6. Sebaiknya anda terus melakukan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, olahraga dan menurunkan konsumsi minuman keras untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.
7. Atorvastatin sebaiknya di konsumsi sesuai jadwal dan jangan terlalu dekat dengan dosis selanjutnya. Jangan sekali-kali menggandakan dosis atorvastatin jika anda tidak sengaja lupa dan bertujuan untuk mengganti dosis yang lupa dengan menambahkan jumlah obat yang di konsumsi.

Baca Juga: cara tepat mengkonsumsi obat glibenclamide sesuai resep dokter

Kenali Efek Samping dan Bahaya Obat Atorvastatin

Setiap tubuh masing-masing individu,akan memliki respon yang berbeda-beda pada obat. Efek samping yang mungkin terjadi saat mengonsumsi atorvastatin yaitu:

1. Konstipasi
2. Diare
3. Sakit Kepala
4. Perut Kembung
5. Mual dan Muntah

Jika terjadi gangguan pada otot dan efek samping tak kunjung membaik serta menganggu kegiatan anda, sebaiknya anda segera ke dokter atau rumah sakit terdekat. Termasuk ketika anda mengalami tanda-tanda alergi atau over dosis.

Baca Juga: beberapa efek samping obat simvastatin yang wajib diwaspadai

Itulah penjelasan mengenai Manfaat Obat Atorvastatin 10 Mg Generik Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya yang bisa saya bagikan kepada kalian semua.

Info Terkait Aneka Manfaat Obat Atorvastatin 10 Mg Generik Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya

atorvastatin 10 mg, atorvastatin 20mg, beda atorvastatin calcium dengan atorvastatin, harga atorvastatin 10 mg generik, harga atorvastatin 40 mg generik, harga atorvastatin calcium 20 mg, harga obat atorvastatin, perbedaan simvastatin dan atorvastatin,