Manfaat Bawang Bombay Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

Friday, September 28th 2018. | Khasiat Umbi

Untuk kalian yang sangat ingin tahu khasiat atau manfaat bawang bombay untuk perawatan kecantikan maupun kesehatan tubuh sebaiknya baca saja disini.

Nama bawang bombay berasal dari pedagang-pedang yang dulu pertama kali membawa bawang ini yang berasal dari kota Bombay atau sekarang lebih dikenal dengan nama Mumbay. Allium Cetza atau bawang bombay adalah tanaman semusim kecuali untuk memproduksi benih. Bawang bombay adalah salah satu bawang yang digunakan untuk bumbu masakan, selain itu bawang bombay juga digunakan untuk hiasan. Bawang bombay juga digunakan untuk bagian dari masakan karena memiliki bnetuk yang besar dan dagingnya tebal.

Bawang timur atau bawang bombay termasuk dalam satu garis keturunan dengan bawang merah. Keduanya memiliki perbedaan yang tidak terlalu kelihatan kecuali pada bentuk dan bau. Bawang bombay memiliki umbi yang berlapis-lapis berasal dari pangkal daun/lapisan-lapisan yang terus berkembang dan bersatu menjadi batang dan akhirnya menjadi umbi lapis. Daunnya berbentuk silinder berongga dan akarnya serabut. Lalu apa saja manfaat bawang bombay untuk kecantikan maupun sebagai solusi untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Khasiat Atau Manfaat Bawang Bombay Untuk Perawatan Kecantikan Maupun Kesehatan Tubuh Serta Sebagai Solusi Diet Sehat Yang Cukup Ampuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah riset menyataka bahwa mengonsumsi setengah potong bawang bombay dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan tentunya secara langsung akan menjaga kesehatan jantung. Anda akan mendapatkan khasiat yang maksimal jika mengonsumsi bawang bombay segar dan rutin.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Bawang bombay mengandung fitokimia yaitu zat kimia atau nutrien yang bisa mendorong vitamin C agar lebih maksimal dalam menutrisi tubuh. Fitokimia yan terdapat dalam bawang bombay juga bisa mengurangi inflamasi, melancarkan peredaran darah dan akhirnya dapat menjaga fungsi sistem kardiovaskular.

3. Mencegah Osteoporosis

Kandungan senyawa khusus di dalam bawang bombay dapat menggantikan tulang yang keropos pada wanita yang menderita osteoporosis. Jika anda ingin mencegah osteoporosis dengan cara herbal anda dapat mencobanya mengonsumsi bawang bombay dengan teratur.

4. Mengontrol Gula Darah

Kromium juga terkandung di dalam bawang bombay yang merupakan mineral penting yang dapat membantu sel-sel di dalam tubuh dalam merespon insulin sehingga gula darah dalam tubuh menjadi terkontrol.

5. Melancarkan Pencernaan

Bawang bombay memiliki kandungan serat yang sangat di butuhkan oleh tubuh untuk menutrisi agar pencernaannya tetap sehat. Pencernaan yang lancar akan membuat tubuh anda terhindar dari masalah susah buang air besar atau sembelit.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun yang bagus akan membuat tubuh anda terhindar dari beberapa penyakit. Bawang bombay dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan mengatasi datangnya inflamasi.

7. Mencegah Asma

Sebuah penelitian menyatakan senyawa belerang yang ada di dalam bawang bombay bisa mencegah formasi biokimia yang merupakan penyebab asma. Bawang bombay juga berfungsi mencairkan dahak pada pasien yang sedang terkena batuk berat.

8. Mencegah Kanker

Kuersetin (quercetin) dan senyawa flavonoid yang ada di dalam bawang bombay sangatlah bermanfaat untuk kesehatan.Flavonoid adalah antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas masuk ke sel-sel tubuh agar tidak rusak. Sedangkan kuersetin dapat menghambat hingga menghentikan pertumbuhan tumor serta melindungi tubuh dari sel-sel kanker terutama penyakit kanker usus besar.

Efek Negatif Bawang Bombay

Untuk beberapa orang,bau belerang yang dikeluarkan bawang bombay sangat menganggu. Tapi, ternyata aroma tersebut sangatlah bermanfaat. Efek diuretik yang kuat dimiliki oleh bawang bombay masih mentah dan sangat berguna bagi pasien penderita gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi. Hal ini karena efek diuretik akan menurunkan retensi air sehingga ginjal bekerja dengan mudah dan ringan. Kecuali itu, meningkatnya urin yang keluar akan menurunkan tekanan darah. Tapi saat diare parah tubuh tidak memiliki cadangan air yang cukup untuk memproduksi urin dan ini sangatlah berbahaya.

Efek diuretik yang sangat kuat akan membuat seseorang menjadi lemas di tandai dengan kepala pusing serta mata berkunang-kunang. Untuk mencegah hal buruk yang terjadi, segeralah minum air putih dengan jumlah banyak. Oleh karena itu jangan mengonsumsi bawang bombay segar ataupun acar ketika diare sedang melanda.

Itulah penjelasan mengenai Manfaat Bawang Bombay Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh yang bisa saya bagikan kepada kalian semua.

Info Terkait Aneka Manfaat Bawang Bombay Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh