Kegunaan Obat Morfin Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya

Wednesday, October 17th 2018. | Obat Modern

Yang belum tahu dosis dan efek samping obat morfin tablet maupun ijeksi beserta dosis dan efek samping yang akan ditimbulkan. Harga Obat Morfin Yang Mengandung Cara Pemakaian Narkoba Sediaan Tablet Kerja Dosis Intravena Beserta Efek Samping Yang Ditimbulkan

Morfin adalah salah satu jenis obat yang masuk ke dalam golongan analgesik opium atau narkotik. Morfin di konsumsi untuk meredakan rasa sakit yang parah dan lama atau kronis. Morfin bekerja langsung ke saraf otak yang membuat tubuh tidak lagi merasakan sakit. Manfaat morfin memang sangat besar, namun dapat menyebabkan ketergantungan bahkan kesempatannya akan lebih lebar untuk pasien mantan pengguna narkoba dan minuman keras.

Pengobatan morfin yang dihentikan dalam jangka panjang tidak bisa dengan cara instan atau langsung sekaligus terutama bagi pasien yang memakai morfin dengan dosis banyak. Karena kejadian ini bisa mengakibatkan gejala putus pada obat misalnya seperti kegelisahan, tubuh berkeringat, nyeri otot, dan mual. Untuk mengatasinya dokter akan mengurangi dosis secara bertahap hingga pasien benar-benar lepas dari morfin. Lalu bagaimana dosis dan efek samping bila kita mau mengkonsumsi obat morfin injeksi atau tablet, silahkan baca saja disini.

Peringatan Pemakaian Obat Pereda Rasa Sakit Morfin

1. Vitamin A yang dikonsumsi dengan jumlah banyak oleh wanita hamil dapat menyeababkan gangguan pada janin. Jika anda sedang program hamil, sedang hamil atau menyusui dan akan mengkonsumsi vitamin E sebaiknya di konsultasikan dulu dengan dokter.
2. Harus sangat berhatu-hati untuk pasien gangguan jantung, ginjal, pernapasan, prostat, saluran empedu, tiroid, pankreas, dan adrenal, penderita tekanan darah rendah, epilepsi, radang usus, dan myasthenia gravis atau kondisi yang menyebabkan otot melemah.
3. Perhatikan betul penggunaannya bagi yang sedang mengalami sembelit selama satu minggu, baru-baru saja mengalami cidera parah di kepala, dan pernah mengalami ketergantungan terhadap obat-obatan atau minuman keras.
4. Jika muncul gejala alergi atau over dosis segera hubungi dokter terdekat.

Baca Juga: aturan pemakaian obat asam mefenamat yang wajib dibaca

Dosis Obat Pereda Rasa Sakit Morfin

Berikut ini adalah dosis awal pemberian morfin untuk orang dewasa atau yang telah memiliki berat badan lebih dari 50 kilogram. Untuk morfin tablet, dosis yang diberikan biasanya berkisar antara 5-20 mg tiap empat jam sekali. Sedangkan untuk morfin suntik, dosis yang diberikan biasanya berkisar antara 3-5 mg tiap empat jam sekali. Dosis akan diberikan sesuai dengan tingkat keparahan rasa sakit, kondisi pasien. Dosis akan direvisi secara teratur dan disesuaikan dengan respons tubuh terhadap obat. Mengenai pasien anak-anak, selain mempertimbangkan tingkat rasa sakit dan kondisi, dosis morfin juga akan disesuaikan dengan berat badan anak-anak.

Baca Juga: dosis yang benar mengkonsumsi obat clobazam

Cara Paling Tepat Mengonsumsi Obat Morfin

1. Konsumsilah morfin sesuai dengan peraturan dokter.
2. Jika anda mendapatkan morfin dalam bentuk tablet sebaiknya langsung diminum menggunakan air saja tidak perlu di gerus atau dihancurkan. Tapi jika berbentuk kapsul anda dapat langsung menelan atau mencampurkannya di makanan.Minumlah morfin setelah anda makan.
3. Sebaiknya menghindari minuman keras selama mengkonsumsi morfin karena dapat menimbulkan efek seperti mengantuk dan mual.
4. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi morfin pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.
5. Jangan minum morfin di luar waktu yang sudah di tentuka oleh dokter.
6. Jika anda akan bepergian ke luar negeri, mintalah surat keterangan dari dokter tentang keberadaan morfin di tangan anda. Hal ini harus dilakukan karena penggunaan morfin sangat di awasi.

Baca Juga: cara mengkonsumsi obat betahistine mesylate yang benar

Kenali Efek Samping dan Bahaya Obat Morfin

Hampir semua jenis obat-obatan memiliki efek samping masing-masing. Termasuk obat jenis morfin.Efek samping setelah mengkonsumsi morfin yaitu:

1. Mengantuk
2. Pusing atau sakit kepala
3. Mual
4. Sembelit
5. Sulit buang air kecil
6. Gangguan tidur
7. Mulut terasa kering
8. Tubuh berkeringat

Setiap individu memiliki efek samping yang berbeda-beda dan akan hilang dengan sendirinya jika tubuh sudah bisa menyesuaikan dengan pengobatan. Tapi jika efek samping tidak hilang-hilang, sebaiknya langsung menghubungi dokter terdekat.

Baca Juga: efek samping obat paracetamol yang wajib untuk anda ketahui

Itulah penjelasan mengenai Kegunaan Obat Morfin Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya yang bisa saya bagikan kepada kalian semua.

Info Terkait Aneka Kegunaan Obat Morfin Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya

cara kerja morfin, cara pemakaian morfin, dosis morfin intravena, harga obat morfin, morfin narkoba, morfin tablet, obat yang mengandung morfin, sediaan morfin,