Kegunaan Obat Griseofulvin 500 Mg Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya

Sunday, October 14th 2018. | Obat Modern

Disini ada beberapa manfaat serta fungsi dari kandungan obat griseofulvin 500 mg beserta dosis dan efek samping yang akan ditimbulkan. Cara Minum Obat Griseofulvin Keputihan Dan Terbinafine Panu Tablet Mekanisme Kerja Paten Omefulvin Apa Beserta Dosis Dan Efek Samping Yang Ditimbulkan

Obat griseofulvin adalah obat yang berfungsi untuk mengatasi infeksi jamur di kulit misalnya pada bagian kulit kepala, selangkangan dan paha. Griseofulvin juga dapat digunakan untuk mengobati masalah infeksi jamur di kuku kaki dan tangan. Obat ini merupakan salah satu jenis obat yang masuk ke daftar obat-obatan utama WHO atau Badan Kesehatan Dunia. WHO memasukkan obat griseofulvin ke dalam kategori salah satu obat yang terpenting yang sangat di butuhkan dalam sistem kesehatan dasar. Griseofulvin tersedia dalam bentuk cairan untuk di minum dan tablet.

Lalu bagaimana cara yang paling tepat dan aman dalam mengkonsumsi obat griseofulvin 500 mg tablet serta minim efek samping. Bila kalian merasa perlu tahu tentang dosis maupun efek samping yang akan ditimbulkan oleh obat anti jamur ini. Saya sarankan sebaiknya anda baca lalu pelajari dulu panduan tentang kegunaan dan seluk beluk griseofulvin yang ada dibawah sini.

Peringatan Pemakaian Obat Anti Jamur Griseofulvin

1. Wanita hamil atau sedang ASI jangan menggunakan obat jenis ini.
2. Apabila anda dengan pasangan sedang dalam program perencanaan keturunan, sebaiknya masa kehamilan terjadi setelah penggunaan obat griseofulvin selesai. Bagi kaum perempuan, sebaiknya ketika anda hamil minimal satu bulan setelah masa penggunaan obat griseofulvin selesai. Untuk kaum laki-laki, baru boleh membuahi pasangannya setelah minimal 6 bulan penggunaan obat griseofulvin selesai.
3. Untuk pasien anak-anak, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.
4. Harus berhati-hati untuk pasien yang memiliki penyakit lupus, porfiria dan gangguan pada hati.
5. Jika muncul gejala alergi dan over dosis sebaiknya segera hubungi dokter terdekat.

Baca Juga: inilah aturan sebelum menggunakan obat ketorolac

Dosis Obat Anti Jamur Griseofulvin

Untuk pasien orang dewasa dosis yang diberikan antara 500-1000 mg/hari yang diberikan untuk sekali minum, tapi masih ada kemungkinan dokter akan membaginya. Dokter akan memberikan dosis obat griseofulvin pada pasien berdasarkan tingkat keparahan penyakit, keadaan kesehatan serta respon pasien pada obat. Sedangkan untuk pasien anak-anak dosis yang diberikan sesuai dengan berat badan sang anak.

Baca Juga: dosis pemakaian obat cefixime yang baik dan benar

Cara Paling Tepat Mengonsumsi Obat Griseofulvin

1. Minumlah obat sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan dan sesuai dengan petunjuk dokter.
2. Lebih baik anda makan terlebih dulu sebelum mengonsumsi griseofulvin agar khasiat obat dapat di serap tubuh dengan sempurna. Gunakan air putih untuk membantu anda minum obat.
3. Berikan jarak yang cukup dan tepat saat anda mengonsumsi obat antara dosis yang satu dengan selanjutnya. Minumlah obat griseofulvin pada jam yang sama setiap harinya agar khasiatnya benar-benar di rasakan oleh tubuh anda.
4. Jika anda lupa tidak mengkonsumsi obat griseofulvin sebaiknya langsung saja di minum jika anda ingat dan jaraknya jangan terlalu dekat dengan waktu minum obat selanjutnya. Untuk minum obat pada waktu berikutnya dosisnya jangan ditambahkan yang bertujuan untuk mengganti obat yang lupa tidak di minum oleh anda.
5. Jangka waktu pengobatan obat griseofulvin cukup beragam tergantung pada keparahan infeksi yang dialami mulai dari beberapa minggu hingga bulan.
6. Jika anda tidak menginginkan tubuh anda mengalami hal yang kurang baik sebaiknya jangan mengonsumsi minuman beralkohol selama proses pengobatan berlangsung.
7. Ada beberapa kejadian yang ditemukan pada pasien yaitu kulit pasien lebih sensitif pada sinar matahari ketika masa pengobatan. Jika anda mengalami hal tersebut lindungilah kulit tubuh anda dari sinar matahari saat beraktifitas di luar ruangan.
8. Apabila anda sudah merasa lebih baik, sebaiknya anda tetap menggunakan griseofulvin atau minimal dua minggu setelah tanda-tanda infeksi hilang sebagai bentuk pencegahan dan memastikan anda benar-benar sembuh.
9. Rajin-rajinlah bertemu dengan dokter selama anda menjalani proses pengobatan ini agar anda bisa tahu tentang perkembangan kondisi kesehatannya.

Baca Juga: cara mengkonsumsi obat ketoconazole sesuai anjuran dokter

Kenali Efek Samping dan Bahaya Obat Griseofulvin

Griseofulvin juga sama layaknya obat-obatan yang lainnya yaitu memiliki efek samping. Berikut ini beberapa efek samping yang dapat terjadi jika anda mengonsumsi griseofulvin yaitu:

1. Sakit Kepala
2. Demam
3. Nyeri Otot dan Sendi
4. Batuk
5. Mual
6. Diare

Baca Juga: efek samping yang sering ditimbulkan obat chloramphenicol

Itulah penjelasan mengenai Kegunaan Obat Griseofulvin 500 Mg Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya yang bisa saya bagikan kepada kalian semua.

Info Terkait Aneka Kegunaan Obat Griseofulvin 500 Mg Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya

cara minum obat griseofulvin, griseofulvin obat keputihan, griseofulvin obat panu, griseofulvin paten, griseofulvin tablet, mekanisme kerja griseofulvin, obat griseofulvin dan terbinafine, omefulvin obat apa,