Kegunaan Obat Ambroxol HCl Tablet Atau Sirup Beserta Efek Sampingnya

Monday, October 8th 2018. | Obat Modern

Bagi yang ingin tahu kegunaan obat ambroxol hcl table atau sirup beserta dosis penggunaannya dan juga efek samping yang ditimbulkan silahkan baca disini. Harga Obat Ambroxol Batuk Bayi 30 Mg Sirup Hcl Dosis Anak Brosur Dan Cefadroxil Beserta Dosis Dan Juga Efek Samping Yang Ditimbulkan

Ambroxol adalah obat pencahar dahak yang termasuk dalam golongan jenis obat mukolitik. Sedangkan mukolitik sendiri merupakan salah satu obat yang dibuat khusus untuk mengatasi dan mengencerkan dahak atua lendir yang ada dalam saluran pernapasan. Ambroxol secara umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai masalah atau gangguan pernapasan akibat produksi dahak yang berlebihan seperti penyakit pneumokoniosis bronkitis, bronkitis kronis dan akut, bronkiektasis, emfisema dan bronkitis asmatik.

Anda tahu tidak sebetulnya ada dua jenis obat ambroxol yaitu sirup dan tablet, kedua jenis obat memiliki fungsi yang sama yaitu mengencerkan dahak serta membantu mengeluarkannya saat batuk sehingga saluran pernapasan akan lebih terbukan dan terasa lega. Lalu bagaimana cara mengkonsumsi obat ambroxol tablet 30 mg atau sirup yang benar serta apa saja efek samping yang ditimbulkan setelah mengkonsumsinya.

Peringatan Pemakaian Obat Pencahar Dahak Ambroxol

1. Untuk penggunaan pada wanita hamil dan menyusui sebaiknya sesuaikan dengan anjuran dokter.
2. Wanita usia kehamilan dua belas minggu pertama tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat ini.
3. Untuk penggunaan pada anak anak sebaiknya tanyakan dulu pada dokter atau apoteker.
4. Bagi penderita ulkus atau tukak lambung sebaiknya berhati hati dalam menggunakan obat ini.
5. Bila terjadi reaksi alergi atau overdosis sebaiknya segera hubungi dokter.

Baca Juga: aturan pemakaian obat dextromethorphan yang benar

Dosis Obat Pencahar Dahak Ambroxol

Pada tahap awal pasien diberikan dosis sebanyak 30 hingga 120 mg perhari. Kemudian dosis akan ditambahkan sesuai dengan kondisi pasien, respons tubuh terhadap obat serta tingkat keparahannya. Untuk penggunaan pada pasien anak disesuaikan dengan berat badan.

Baca Juga: cara menyembuhkan batuk berdahak secara tradisional

Cara Paling Efektif Mengkonsumsi Obat Ambroxol

1. Pertama pastikan anda sudah mengikuti anjuran dokter serta membaca informasi yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
2. Obat ambroxol paling baik dikonsumsi setelah makan atau cukup dengan mengkonsumsi camilan yang tidak mengandung msg.
3. Pastikan untuk mengonsumsi ambroxol pada jam yang sama tiap hari hal ini ditujukan supaya efek kerjanya bisa maksimal
4. Bagi yang lupa mengonsumsi ambroxol tidak disarankan untuk menggandakan dosisnya pada jadwal berikutnya atau mengganti dosis yang terlewat.

Baca Juga: cara terbaik mengkonsumsi obat piracetam sesuai resep dokter

Kenali Efek Samping dan Bahaya Obat Pencahar Dahak Ambroxol

Seperti pada obat umumnya, ambroxol juga bisa menyebabkan efek samping pada sistem pencernaan seperti rasa mual, muntah, dan nyeri ulu hati tapi gangguan ini bersifat ringan atau tidak membahayakan dan terkadang juga bisa menyebabkan beberapa gangguna yang wajib untuk anda waspadai seperti.

1. Asma
2. Batuk batuk
3. Bronkitis

Baca Juga: efek samping obat betahistine mesylate yang wajib diketahui

Itulah penjelasan mengenai Kegunaan Obat Ambroxol HCl Tablet Atau Sirup Beserta Efek Sampingnya yang bisa saya bagikan kepada kalian semua.

Info Terkait Aneka Kegunaan Obat Ambroxol HCl Tablet Atau Sirup Beserta Efek Sampingnya

ambroxol 30 mg, ambroxol dosis anak, ambroxol hcl, ambroxol obat batuk bayi, ambroxol sirup, brosur obat ambroxol, harga obat ambroxol, obat ambroxol dan cefadroxil, kegunaan ambroxol, kegunaan obat ambroxol