Fungsi Obat Nifedipine 10 Mg Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya

Thursday, October 11th 2018. | Obat Modern

Yang ingin tahua kegunaan atau fungsi obat nifedipine 10 mg beserta dosis dan efek samping sebaiknya anda baca panduan selengkapnya disini. Harga Obat Nifedipine 10 Mg Untuk Ibu Hamil Perbedaan Amlodipine Dan Nifedipin Amankah Sublingual Sediaan Mengurangi Kontraksi Beserta Dosis Beserta Efek Sampingnya

Obat nifedipine berfungsi untuk menurunkan masalah tekanan darah tinggi/hipertensi, masalah Raynaud dan membantu mencegah angina. Nifedipine bekerja untuk menghambat banyaknya kalsium yang menuju ke otot halus pada dinding pembuluh darah dan jantung sehingga dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan tekanan dan rata-rata detak jantung, memperluas serta membuat pembuluh darah menjadi santai dan meningkatkan aliran darah ke kaki dan tangan anda. Sel otot menjadi tidak tegang karena jumlah kalsium berkurang karena berkontraksi, karena otot sangat membutuhkan kalsium.

Untuk mengkonsumsi nifedipine harus sesuai dengan resep dokter. Patuhi semua ketentuan dan konsumsilah nifedipine sesuai dengan anjuran dari dokter sesuai dengan keadaan kesehatan anda. Lalu bagaimana cara yang paling tepat dan aman dalam mengkonsumsi obat nifedipine 10 mg, bila kalian salah satu orang yang ingin tahu panduan atau seluk beluk mengenai nifedipine. Sebaiknya anda baca detail selengkapnya tentunya dengan bantuan artikel yang ada dibawah sini.

Peringatan Pemakaian Obat Nifedipine

1. Untuk pasien wanita hamil dan menyusui, gunakan nifedipine sesuai dengan ketentuan dari dokter.
2. Hati-hati dalam mengkonsumsi nifedipine untuk pasien penderita diaberes dan gangguan organ hati.
3. Termasuk untuk pasien yang menderita masalah gangguan jantung selain teknaan darah tinggi atau angina.
4. Sebaiknya jangan minum jus grape fruit saat menjalani pengobatan nifedipine.
5. Jika muncul alergi atau over dosis, sebaiknya langsung pergi ke dokter.

Baca Juga: aturan yang wajib dipatuhi saat mengkonsumsi oba amlodipine besylatet

Dosis Obat Nifedipine

Dosis awal untuk orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi 5-20 mg/8 jam dan dalam satu hari sebaiknya jangan mengkonsumsi lebih dari 60 mg/hari. Pemberian dosis oleh dokter disesuaikan dengan keadaan pasien, tingkat keparahan dan respon masing-masing tubuh individu pada obat.

Baca Juga: dosis pemakaian obat glibenclamide yang tepat

Cara Paling Tepat Mengkonsumsi Obat Nifedipine

1. Dalam mengkonsumsi nifedipine sebaiknya patuh dan di sesuaikan dengan petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasan obat. Minumlah nifedipine menggunakan air putih, pastikan obat dalam keadaan utuh agar tidak mempengaruhi kinerjanya saat dilepaskan ke aliran darah. Jangan mengkonsumsi obat ini dengan di gigit, dipatahkan dan dikunyah.
2. Akan terjadi efek samping yang kurang bagus jika anda mengkonsumsi nifedipine bersamaan dengan obat anestesi. Jadi berkonsultasilah dengan dokter tentang menggunakan nifedipine sebelum memulai prosedur medis yang lain.
3. Jika anda akan mengkonsumsi nifedipine dengan obat inflamasi lainnya sebaiknya di konsultasikan dulu dengan dokter karena efek nifedipine akan berkurang jika dikonsumsi dengan obat inflamasi yang tertentu.
4. Jika anda ingin menghentikan pemakaian nifedipine sebaiknya dilakukan dengan cara pelan-pelan atau bertahap sesuai ketentuan dari dokter jika anda langsung menghentikannya dengan mendadak maka akan membuat tanda-tanda kembali datang.
5. Nifedipine juga dapat mempengaruhi kadar gula didalam aliran darah. Jadi anda harus rutin mengecek gula dalam darah jika anda mengidap diabetes.
6. Saat anda mengkonsumsi nifedipine sebaiknya jangan minum minuman beralkohol ketika tubuh masih dalam pengaruh nifedipine karena bisa meningkatkan resiko datangnya efek samping misalnya sakit kepala ringan serta pusing.
7. Minumlah nifedipine sesuai dengan jadwal dan ketentuan dari dokter dan jangan terburu-buru minum untuk mengkonsumsi obat pada jadwal selanjutnya. Sebaiknya anda jangan mengkonsumsi nifedipine dengan melipat gandakan jumlah obat jika anda sempat lupa dengan waktu minum obat.

Baca Juga: cara tepat mengkonsumsi obat betahistine mesylate

Kenali Efek Samping dan Bahaya Obat Nifedipine

Obat nifedipine juga memiliki efek samping sama halnya dengan obat yang lain. Namun jika tubuh anda dapat menyesuaikan maka lambat laun efek samping akan berkurang.

Di bawah ini ada beberapa efek samping penggunaan nifedipine, antara lain:

1. Perut kembung dan timbul rasa sakit
2. Konstipasi
3. Mual
4. Bengkak di kaki atau bagian pergelangan kaki
5. Kepala terasa pusing,ringan dan lelah
6. Sakit Kepala
7. Susah Bernafas
8. Batuk
9. Gemetar pada bagian kaki dan tangan
10. Meningkatnya Detak jantung
11. Kesemutan di bagian kaki dan tangan
12. otot kram

Selain beberapa efek samping di atas, ada efek samping yang lainnya namun jarang terjadi yaitu dada terasa sakit. Jika sakit pada dada tak kunjung reda sebaiknya segera pergi ke dokter.

Baca Juga: beberapa efek samping obat valsartan yang wajib dibaca

Itulah penjelasan mengenai Fungsi Obat Nifedipine 10 Mg Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya yang bisa saya bagikan kepada kalian semua.

Info Terkait Aneka Fungsi Obat Nifedipine 10 Mg Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya

harga obat nifedipine, nifedipin 10 mg, nifedipin sublingual, nifedipine amankah untuk ibu hamil, nifedipine untuk mengurangi kontraksi, obat nifedipine 10 mg untuk ibu hamil, perbedaan amlodipine dan nifedipine, sediaan nifedipin,